Senin, 20 Maret 2023

Menyambut Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah, alhamdulillahi rabbil 'alamin.

Wa sholatu wassalamu 'ala asyrofil anbiyai wal mursalin, wa 'ala alihi wa sohbihi ajma'in. Amma da'du.

Pada kesempatan mulia ini marilah kita panjatkan rasa syukur karena Allah SWT masih memberikan kita nikmat islam, iman, dan sehat wal'afiat.

Tak lupa sholawat serta salam kepada Nabi besar Muhammad SAW, penghulu umat pemberi syafaat di hari semua manusia mencari pertolongan.

Ma'asyirol muslimin wal muslimat rahimakumullah.

Tidak terasa dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan suci Ramadhan yang kita rindukan kehadirannya bulan demi bulan.

Ibarat pucuk di cinta ulam pun tiba, begitulah bahagianya hati orang orang yang beriman menanti datangnya bulan Ramadhan yang mulia.

Bulan Ramadhan terasa sangat berbeda karena pada bulan itu hati dan pikiran kita terikat untuk meningkatkan nilai keimanan kepada Allah SWT.

Namun, ada persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan yang harus diperhatikan agar segala ibadah yang kita lakukan memiliki nilai lebih.

Alangkah ruginya bila kita didatangi oleh bulan Ramadhan namun tidak bisa memaksimalkan ibadah kita atau terlewat mendapat maghfirah dari Allah SWT.

Caranya bagaimana? sedangkan waktu yang kita miliki setiap hari terbatas. Dalam beribadah kita dituntut untuk cerdas.

Bukan hanya masalah banyaknya ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan tapi bagaimana kualitas ibadah kita dihadapan Allah SWT.

Karena itu perlulah kita mengetahui 5 persiapan yang harus mulai kita lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan:

1. Persiapan ilmu
Persiapkanlah ilmu kita melalui buku, pengajian tentang hal hal yang dapat mengurangi nilai pahala dari puasa ataupun ibadah yang kita lakukan.

Karena yang merusak ibadah kita terutama puasa wajib di bulan Ramadhan bukan hanya hal hal yang membatalkan saja namun ada juga yang makruh.

Bila yang membatalkan puasa sudah jelas tapi yang makruh ini sering dilalaikan padahal dapat mengurangi pahala puasa juga ibadah di buln Ramadhan.

2. Persiapan hati
Mulai sekarang perbanyaklah berdoa memohon kemudahan kepada Allah SWT agar bisa menjalani Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bersihkan juga hati kita dari amarah dengan memaafkan, meminta maaf kepada saudara kita dan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT.

Tujuannya agar hati lebih lapang sehingga lebih mudah menerima hidayah kebaikan untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadhan.

3. Persiapan fisik
Bila memiliki riwayat penyakit mulailah periksa dan berkonsultasi dengan dokter agar bisa menjalankan puasa Ramadhan dengan baik.

Biasakan diri dengan mulai mengurangi cemilan cemilan di siang hari atau tepatnya mulai mengatur pola makan di bulan Syaban ini.

Alangkah lebih baiknya berlatih memperbanyak puasa sunah di bulan Syaban bahkan wajib bagi orang yang membayar hutang puasa wajib.

4. Persiapan materi
Alangkah baiknya bila memiliki kelebihan rezeki mulai menyisihkan dan mengatur porsinya untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan.

Jangan sampai rezeki yang berlimpah hanya digunakan untuk kesenangan perut semata atau kemewahan pakaian saja hingga lupa bersedekah.

Sedekah ini bisa menambal kekurangan kekurangan ibadah kita karena kelalaian apalagi di bulan Ramadhan segala pahala dilipat gandakan.

Bahkan mulai sekarang perbanyaklah bersedekah kepada saudara saudara kita yang membutuhkan agar saat memasuki Ramadhan mereka tidak kekurangan

5. Persiapan ibadah
Jangan sampai lengah dari ibadah ibadah sunah karena di bulan Ramadhan nilai pahala ibadah sunah setara ibadah wajib di bulan lain.

Mulailah menambah sholat sholat sunah, mulai tadarus sedikit demi sedikit, membiasakan zikir juga wirid agar terbiasa saat memasuki bulan Ramadhan.

Ibadah ini juga berhubungan dengan kebersihan tempat, pakaian yang kita gunakan, kebersihan hati juga menyelesaikan membayar qadha puasa wajib.

Bila 5 persiapan ini telah kita lakukan, Insyaallah akan lebih mudah dan tenang menjalankan puasa wajib dan ibadah lain di bulan Ramadhan.

Karena ibarat kata orang yang sudah mempersiapkan diri lebih baik daripada orang yang tidak bersiap siap dan Allah yang menyempurnakannya.

Maka sisa beberapa hari lagi di bulan Syaban sebelum Ramadhan mulailah memberi tanda apakah sudah dipersiapkan denagn baik atau belum.

Hanya inilah sedikit ceramah singkat dari saya, semoga bermanfaat, khuz ma shofa wa da ma kadar, mohon maaf bila ada kesalahan.

Akhirul kalam tsummassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh."

Itulah isi dari contoh ceramah singkat menyambut Ramadhan yang berkesan penuh ilmu tema 5 persiapan diri untuk Ramadhan.***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar